In a few words

Menghilangkan Blank Entries pada MSConfig Startup Tab Windows XP

Terkadang setelah melakukan uninstall sebuah software, dalam Konfigurasi Sistem Utility (MSConfig.exe) di Windows XP terdapat entri yang kosong. Konfigurasi sistem tersebut tentunya dapat memperlambat waktu start up windows ketika booting. Hal ini terjadi karena setelah anda meng-uninstal sebuah program, entri startup pada registri data program yang dibuang tadi tertinggal dengan value kosong. Posting kali ini adalah tentang bagaimana menghapus entri tersebut sehingga waktu start up tidak terbebani oleh entri kosong tadi, dengan cara mengedit registri.

Ok, langsung saja….

  • Aktifkan / beri conteng item yang sudah dinonaktifkan, dan kemudian klik Apply, ini bertujuan untuk mengembalikan / menampilkan kembali (alamat) entri registri, sehingga Anda dapat mengeditnya secara manual.

  • Catat alamat entri registri kosong, sehingga nantinya dapat dengan mudah menuju pada lokasi registri.

(Petunjuk: HKLM berarti HKEY_LOCAL_MACHINE dan HKCU berarti HKEY_CURRENT_USER)

  • Klik Start, Run. Ketik Regedit –> ENTER.
  • Cari  registri cabang yang Anda catat pada Langkah 2.
  • Klik kanan pada nilai data yang kosong, dan pilih Delete.

Catatan : Hapus juga Jika terdapat value data bernama Default (tidak disebutkan namanya) yang memiliki data bernilai kosong, Klik kanan pada (Default) dan pilih Delete. Setelah dihapus, secara otomatis akan terbaca sebagai: (value not set)

Nb: Pada Windows Vista dan Windows 7, telah dilakukan perbaikan bug sehingga Msconfig tidak lagi menampilkan entri “kosong”.
========================================

Registry yang bersih tentu sangat berpengaruh terhadap kestabilan windows, lakukan trik diatas dengan sangat hati-hati (with your own risk)… Semoga bermanfaat 😀 ….

Salam ….

Tinggalkan komentar