In a few words

Office 2003 agar bisa membaca Office 2007

office2007

Meskipun topik diatas terasa sudah sangat ketinggalan/telat (versi terbaru office 2010)..  tapi pernah ada tetangga saya  yang menanyakan tentang hal ini.

~oOo~

Begini ceritanya :

Beberapa  waktu  lalu  dia  (tetangga)  datang  kerumah  dan dengan wajah bersemangat  meminta agar dilaptopnya di instalkan office 2007…    (biar “aptudet” 😀 katanya),    sebelum  instal  saya  tanyakan  apakah office versi lama (2003) dibuang atau dibiarkan saja.. dengan lantang dijawab “Buang aja!!”…

Dan waktu berlalu…

B eberapa hari kemudian dia datang lagi dan dengan ekspresi sedih menyatakan agar office 2007 nya dekembalikan saja ke versi 2003.. nah.. ada apa lagi ini… ternyata ada kisah sedih dibalik itu..

Begini ceritanya (lah..malah jadi seperti kisah 1001 malam?)..

Kemarin  malam  tetangga  saya  mengerjakan  pekerjaan  kantor  hingga  larut   di   rumahnya  dengan  office 2007 kesayangannya,  semua  data dan presentasi sudah selesai dikerjakan dan tinggal diprint di kantor. Sesampai  dikantor  ternyata  semua  data  tersebut  tidak  bisa dibuka.. Hah? apa pasal?  ketika  saya  tanyakan apakah dikantor memakai office 2007?,  tidak… dikantor menggunakan office 2003… nah, saya bilang itulah resiko kalau terlalu “aptudet” :D..

hehe … cerita saya diatas terlalu panjang jika dibandingkan dengan solusi yg akan ditawarkan disini..

Tidak perlu saya jelaskan lagi tentang mengapa hal tersebut bisa terjadi pada tetangga saya bukan? …. Yap, anda betul!! karena extensi Word jadi docx, Excel jadi xlsx, PowerPoint jadi pptx.. dsb..dsb.

Lalu bagaimana nasib tetangga saya tersebut? .. kembali saya jelaskan bahwa tentang hal ini sebenarnya sudah sangat lama microsoft menyadari hal tersebut, maka dibuatlah plugin agar file yang dibuat oleh MS Office 2007 bisa dibuka dengan MS Office 2000, XP, 2003. Plugin ini dinamakan Microsoft Office Compatibility Pack for Word, Excel, and PowerPoint 2007 File Formats, versi terakhir dari plugin ini adalah versi 3 yang dirilis pada 19 Nopember 2007. Anda tinggal mendownload file tersebut langsung dari microsoft, atau biar lebih singkat download saja disini dan instalkan pada komputer yang menggunakan office 2003. Untuk menginstalnya tinggal double klik saja hasil download tersebut dan ikuti petunjuknya, kemudian cobalah lagi buka file office 2007 yang seharusnya sudah bisa anda baca dan edit.

Demikian saja cerita tentang tetangga saya tersebut, yang sekarang sudah bisa tersenyum lebar karena telah bisa bekerja dengan tenang dan damai, bagian yang terpenting adalah MSoffice nya tetap “aptudet” 😀

…evebody happy … with happy ending ..

Semoga bermanfaat …

~oOo~

6 responses

  1. yori

    Thanks… solusi nya berguna sekali

    November 1, 2009 pukul 2:56 am

  2. nice share….http://kie-keu.blogspot.com/

    Oktober 26, 2010 pukul 2:12 am

  3. thanks sharenya kaka

    isp-centre.blogspot.com

    Maret 29, 2011 pukul 6:21 am

  4. mkasih pren… benar-benar bermanfaat….

    Agustus 8, 2012 pukul 3:08 pm

  5. Solusi yang bagus dengan kejadian yang hampir sama dengan yang saya alami, salam kenal gan

    Agustus 28, 2012 pukul 5:00 am

  6. I loved as much as you will receive carried out right here.

    The sketch is tasteful, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get bought an nervousness over that you wish be
    delivering the following. unwell unquestionably
    come more formerly again since exactly the same nearly very often inside case you shield this
    hike.

    Maret 11, 2013 pukul 8:05 pm

Tinggalkan komentar