In a few words

Mempercepat loading dan start up PC

spekKomputer yang lambat tentu akan menghambat pekerjaan dan kreatifitas anda, jika komputer anda memiliki spek yang bagus tetapi terasa lambat tentu ada penyebabnya. Mengapa PC atau Laptop anda menjadi lambat? sebenarnya apa saja yang terjadi pada komputer saat booting,  secara sederhana adalah antara lain :

  • banyaknya program aplikasi yang kita instal pada komputer akan membebani loading startup karena windows akan selalu membuat boot defragmenter untuk menata ulang file yang diperlukan untuk booting dan akan selalu aktif pada saat windows dijalankan
  • Secara diam-diam ketika menjalankan sebuah program, windows akan menyimpan file *.dll yang disimpan dalam memory komputer dan tentu akan menyebabkan bertambahnya beban yang akan menurunkan kinerja komputer sehingga loading progran menjadi lama.
  • Tanpa seizin anda windows  juga akan selalu membuat file dengan nama pagefile.sys yang bertujuan memperbaiki kinerja harddisk, efek ini disebut File Swap.
  • Adanya virus dan Spyware jelas akan sangat mempengaruhi kinerja komputer karena biasanya ia akan sangat menguras memory komputer yang tersedia, sehingga akan sangat membebani komputer.

Baik, sekarang secara sangat – sangat sederhana.. ada beberapa trik yang mungkin sedikit berguna untuk mempercepat start up windows.

  • coba anda klik start lalu buka aplikasi run lalu ketik –> prefetch dan enter kemudian hapuslah semua file yang ada dlm folder yg terbuka tersebut.. apakah ini aman? .. jika komputer anda memiliki RAM lebih dari 512, idealnya tidak usah menghapus isi folder prefetch tadi karena windows telah mempunyai jadwal penghapusan secara otomatis . penghapusan prefetch diperlukan dalam kondisi bilamana Anda menguninstall sebuah software dari komputer Anda. Saat Anda menginstall suatu software dan Windows mengindeksnya, namun saat Anda tidak memerlukan lagi software tersebut dan menguninstallnya sesuai prosedur yang benar sekalipun, anehnya, Windows masih tetap mencoba mengoptimalkan disk Anda untuk sofware yang sudah tidak ada.😀
  • Instal dan jalankan Ccleaner,  software gratis namun sangat berguna dan dapat dipergunakan dengan sangat mudah, untuk download klik disini. Dengan Ccleaner, anda dapat membersihkan file sampah komputer yang tidak diperlukan, menentukan program apa saja yg boleh aktif di start up dan bahkan membersihkan registry tanpa harus menjadi ahli komputer. tools ini dapat diinstal pada Windows / XP /  Vista / windows 7.  Lakukan secara teratur.
  • Instal dan jalankan Auslogics disk defrag, Download software gratisan ini, sebagai pengganti tool defrag bawaan windows yang seperti anda ketahui sangat lamban dalam menjalankan tugasnya. Auslogics disk defrag mampu melakukan defrag lebih jauh cepat daripada tool bawaan windows dengan hasil yang sama. tools ini dapat diinstal pada Windows / XP /  Vista / windows 7. Lakukan secara teratur.
  • Pastikan antivirus anda selalu terupdate untuk memastikan tidak ada virus atau spyware di komputer anda, jika dirasa perlu scan dulu  flashdisk yg akan ditancapkan ke komputer anda.

Seperti saya katakan diatas, cara ini adalah yg paling sangat- sangat sederhana…  sebenarnya ada banyak cara cara mempercepat proses windows tersebut baik menggunakan sofware atau mengutak atik registry windows hingga melakukan overclock, tetapi  mungkin akan dibahas lain waktu.

begitu saja, semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s