In a few words

Software pencari text dalam banyak file

Dikantor, pada suatu siang yang panas, seorang teman datang dengan wajah murung…. ditangannya membawa sebuah laporan kegiatan. “Saya harus mengedit lagi laporan ini, tapi filenya saya lupa judulnya… dan parahnya di laptop saya ada begitu banyak file dalam banyak folder sehingga akan memakan banyak sekali waktu jika harus membuka satu persatu untuk menemukannya”.

. . .

untuk mempersingkat cerita, kita langsung pada inti permasalahan sang teman tadi : “adakah cara agar pencarian file itu hanya berdasarkan salah satu kalimat atau text yang terdapat di dalam judul file?”.

Persoalan diatas sepertinya pernah kita temui, jadi langsung saja pada jawaban atas pertanyaan diatas, jawabnya : “BISA” …. “caranya ?… pakai tool kecil bernama Find Text. Berbeda dengan fasilitas Search pada Windows yang hanya melakukan pencarian text pada judul file saja,  software Find Text ini mampu mencari text yang ada di dalam  banyak file dan pencarian tersebut bisa dilakukan pada ekstensi doc, xls, txt, htm, php, css, dan sebagainya.

Penggunaan tool ini cukup simpel, misalnya pada contoh diatas saya mempunyai banyak sekali file dengan extensi .txt dan saya ingin mencari file yang mengandung tulisan “script” jadi tinggal memasukkan kata “script” pada kolom Text to Find, kemudian klik  Browse untuk menentukan dimana kira-kira file tersebut berada, selanjutnya tinggal mengisi kolom File type dengan jenis file apa yang akan dicari misalnya  *.txt, hasilnya akan muncul daftar file yang mengandung kata script tersebut. Usahakan mengisikan kolom text to find dengan kalimat yang paling spesifik sehingga akan mempersempit pilihan pencarian. Untuk melihat filenya secara utuh tinggal di double klik.

Oops… hampir lupa, klik disini untuk downloadnya

Tool gratis ini bersifat portable atau  tidak perlu diinstal, cukup klik dua kali maka ia akan berjalan dan siap digunakan. Siapkan saja dalam flashdisk, siapa tahu akan berguna ketika anda mempunyai kesulitan seperti pada tokoh cerita diatas…  Ok, seperti biasa, tetaplah mencoba untuk mengerti dan semoga bermanfaat….

Salam….

7 responses

  1. di search windows juga bisa om😀

    Juni 6, 2011 pukul 6:37 pm

    • Berbeda dengan fasilitas Search pada Windows yang hanya melakukan pencarian text pada judul file saja, software Find Text ini mampu mencari text yang ada di dalam file😀

      Juni 9, 2011 pukul 3:02 pm

  2. Hiandiono

    Terima kasih atas sharing-nya mas Zank… tools ini berguna buat saya, karena saya masih maintenance program .prg (DOS).

    Juli 20, 2011 pukul 12:18 pm

    • hiandiono, sama-sama

      Juli 23, 2011 pukul 3:28 pm

  3. Ping-balik: Software pencari text dalam banyak file | andriaegisaputra

  4. Ping-balik: Virus W32 / Ramnit – Copy of Shortcut + Recycler « andriaegisaputra

  5. broken link direct mediafire ajah…!

    Mei 14, 2012 pukul 3:35 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s