In a few words

Mengetahui Proses atau program penyebab error

Tentunya anda pemakai komputer pernah menemui sebuah pesan error ketika sedang menjalankan sebuah aplikasi,  dan untuk memperbaiki error tersebut kita harus terlebih dahulu mengetahui asal terjadinya error dan  memahami penyebabnya… Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan munculnya error message tersebut, misalnya dikarenakan virus, konflik pada hard disk, konflik pada Software dan lain lain.
Penyebab terjadinya error yang disebabkan konfik  software, biasanya di sebabkan oleh buruknya proses instal dan uninstal dari sebuah software sehingga registry tidak perlu yang masih tersisa dari proses uninstal tidak sempurna dihapus.

 

Jika terjadi error pada sistem, biasanya windows akan menampilkan sebuah kotak dialog yang berisi keterangan tentang penyebab kesalahan / error tersebut… seperti pada contoh gambar ini :

Dari dialog box diatas jelas error yang muncul disebabkan oleh sebuah aplikasi, tapi bagaimana halnya jika pesan error tersebut tidak menampilkan detail penyebab terjadinya, apakah disebabkan oleh aplikasi atau oleh kegagalan sistem, misalnya dapat dilihat pada contoh gambar ini :

Sulit untuk memulai perbaikan jika kita tidak mengetahui penyebabnya, kita bisa lihat proses yang berjalan pada  windows task manager tetapi akan terlihat begitu banyak proses dan tentunya sangat sulit untuk menebak  penyebab error tersebut… karena itu kita memerlukan software pendeteksi error message. Selain memanfaatkan fasilitas Windows Event Viewer, kita juga  bisa gunakan sofware gratis semacam MSWinErr.

misal :

Tetapi cara diatas ternyata juga tidak terlalu efisien karena tidak langsung menampilkan proses penyebab munculnya pesan error. Lalu, untuk lebih jelas mengetahui penyebab error message yang tidak menampilkan detail kesalahan, secara sederhana kita dapat memanfaatkan sebuah software gratis : Process Explorer.

Download Process Explorer (1.75 MB) disini, extract dan jalankan, pada tombol ‘find windows process’ (lihat pada gambar bawah), cukup drag / tekan rendam dan seret kedalam error message … karena itu, error message harus tetap terbuka jika kita ingin menggunakan cara ini.

maka akan ditampilkan proses penyebab terjadinya error tersebut

Untuk lebih jelas mengetahui aplikasi yang menyebabkan error tersebut lakukan klik dua kali pada proses yang ber-hightligh maka akan tampil propertisnya, nah… dari sana kita bisa mulai melakukan troubleshooting.

======  tidak terlalu sulit bukan?…. selanjutnya untuk pembersihan registry kita bisa gunakan sofware registry cleaner semacam Ccleaner, YourUnistaler, dan lain lain… coba googling sendiri..

Ok, segitu saja… semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s