In a few words

Mengetahui Proses yang memperlambat startup windows

Proses startup yang lama ketika kita menghidupkan komputer tentu sangat membuat frustasi …  banyak orang merasakan proses booting komputer semakin lama semakin menjadi lambat, sehingga tidak sedikit juga yang berpikir untuk menginstal ulang windowsnya. Sebelum anda melakukan instal ulang,  jika alasannya karena booting yang lambat, tidak ada salahnya jika kita coba mendiagnosa terlebih dahulu apa penyebab lambatnya proses startup tersebut. Banyak hal yang dapat mempengaruhi lamanya startup, bisa saja karena virus, spyware, registry yang corrupt, banyaknya update yang berjalan, beratnya program yang di-load pada proses stratup, dll, dll … Untuk lebih jelasnya, kita sebetulnya dapat menganalisa proses apa yang paling banyak memakan waktu startup windows.  Ada beberapa macam program Boot Analyzer atau penganalisa boot yang dapat digunakan, disini kita akan gunakan program kecil yaitu:

BootLogXP

Suported Windows XP/2003 32-bit .
Compatible with Windows XP SP3.
Compatible with all known antiviral software.

boleh ambil di link download : disini

Bootlog XP adalah Boot Analyzer Windows yang menganalisa booting komputer dan menampilkan proses load pada saat startup, sehingga memungkinkan kita untuk melihat berapa lama waktu yang dipakai oleh setiap proses pada startup.

  • Download Bootlog XP pada link diatas, ekstract, instal dan jalankan. Klik pada tombol “Test at Next Boot” dan restart komputer Anda.

  • Setelah Restart biarkan Bootlog XP secara otomatis menganalisa waktu boot yang dipakai oleh omponen OS , driver, services dan berbagai aplikasi terinstal yangberjalan selama proses booting.

  • Proses analisa ini akan sedikit lama so.. don’t panic, tekan tombol stop setelah loading startup komputer selesai. untuk melihat hasilnya tekan tombol “analyse boot log” disana kita kan dapat melihat hasil analisa waktu boot yang dipakai oleh omponen OS , driver, services dan berbagai aplikasi terinstal yang berjalan selama proses booting.

Simple saja bukan? dari hasil analisa tersebut maka kita dapat mengetahui proses yang paling lama memakan waktu untuk load.

Catatan: Bootlog XP merupakan software trial tapi anda bisa memakainya sampai 30 hari.

Untuk melakukan pengaturan program yang diload atau otomatis jalan ketika startup anda bisa gunakan system configuration utility windows (Start-Run- ketik msconfig, buka tab startup dan buang centang pada program yang tidak diperlukan ketika startup) atau gunakan tool seperti TuneUp Utility, Ccleaner, dll, dll….

Ok, segitu saja… semoga bermanfaat.

Salam….

 

2 responses

  1. Hallo bro…salam kenal…

    Januari 30, 2011 pukul 8:02 am

    • Hallo Adikris, salam kenal juga…

      Januari 30, 2011 pukul 2:41 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s