In a few words

Membuat Adobe Photoshop Lebih Cepat

Seperti kita ketahui, Adobe Photoshop merupakan software editor gambar yang handal namun sayangnya Photoshop mengkonsumsi RAM yang tidak sedikit sehingga pada PC yang mempunyai spek rendah akan terasa “lamban”. Pada posting ini kita coba untuk sedikit melakukan setting/tweak untuk membuat photoshop menjadi lebih cepat.

Pada preview dibawah, saya menggunakan Photoshop CS4, tetapi jangan khawatir…  semua option tersebut juga terdapat pada versi yang lebih rendah, hanya text dan letaknya mungkin berbeda, namun anda pasti akan dapat menemukannya.

Kita akan melakukan tweak pada setting dibagian Preferences. klik pada menu Edit lalu pilih Preferences (atau Ctrl + K)

Pengaturan Performance settings

  • Klik pada menu Performance

  • Pengaturan Memory Usage

Photoshop menggunakan banyak  RAM, jadi aturlah batas (jumlah maksimum). Tergantung pada seberapa banyak RAM yang terpasang di komputer Anda, ubah ke 55-65% (jika RAM anda dibawah 2 GB) dan 70-75% (jika RAM anda 4 GB atau lebih).

Jangan paksakan slider hingga maksimum, hal itu hanya akan membuat windows anda crash… sisakan untuk operating system.

  • Scratch Disk

Selain RAM, Photoshop menggunakan Scratch Disk atau bisa disebut “virtual RAM”. Merupakan hard drive space yang dialokasikan sebagai RAM virtual yang digunakan untuk memproses data. Jika Anda memiliki lebih dari satu hard drive, memungkinkan Photoshop untuk menggunakan hard drive sekunder secara dramatis akan meningkatkan kecepatan kerja.

Anda bisa gunakan semua space karena hanya bersifat  temporary dan akan terhapus begitu anda keluar dari Photoshop

  • History & Cache

Secara default, setting history diatur pada angka 20, hal tersebut  akan membuat Photoshop menjadi berat, terutama ketika Anda bekerja dengan image yang besar.  Set ke 10 hingga 15.

Cache level digunakan untuk meningkatkan redraw screen dan kecepatan menampilkan histogram. Anda dapat memilih level 1 hingga 8.

  • Setelah semua setting diatas dilakukan, Restart Photoshop
  • Selesai

=========

Beberapa tambahan untuk mempercepat Photoshop, yang anda bisa lakukan :

Defragment hard drive

Khusus untuk kapasitas hard drive yang kecil, fragmentasi dapat mengoptimalkan harddisk, lakukan paling tidak sebulan sekali. Untuk melakukannya, klik pada  Start> All Programs> Accessories> System Tools> Disk Defragmenter. Pilih drive  kemudian pilih tombol Defragmen.

Tutup software aplikasi  yang tidak perlu

Terkadang kita melupakan hal ini. Photoshop berjalan sangat lambat disebabkan oleh adanya aplikasi lain yang berjalan menggunakan RAM. Hentikan semua aplikasi yang tidak diperlukan ketika anda menggunakan Photoshop.

====== Jika Photoshop berjalan sangat berat tentunya akan sangat mempengaruhi kratifitas anda. Semoga beberapa setting diatas dapat bermanfaat….

Salam …

One response

  1. Damar

    saya memamkai windows 7, tp adope photoshop Cs 3 yg saya pakai, seteleh dibuka selalu mucul tulisan close program?? kira” penyebabnya apa

    Januari 20, 2011 pukul 3:05 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s