In a few words

TCPEye – Mengetahui Program yang mengakses internet

Ketika terkoneksi dengan internet, browsing sana sini, pernahkah anda terfikir bahwa ada program yang tanpa sepengetahuan kita ikut mengakses dari komputer menjelajahi link link yang tidak kita ketahui.

Untuk mengetahui port TCP/IP dan UDP yang terbuka ketika melakukan koneksi internet dapat dilakukan dengan command prompt,  (Start–>Run, ketikkan cmd–>enter) ketikkan netstat  -n -a –>enter maka akan muncul seperti pada gambar di sebelah kiri.

Tetapi, perintah netstat tersebut hanya menampilkan informasi koneksi TCP/IP yang sedang aktif, tetapi tidak dapat menampilkan daftar dari website / server yang diakses serta nama negara atau wilayah yang terkoneksi, lalu bagaimana caranya agar kita dapat memonitor daftar semua port TCP / IP dan UDP yang terbuka di komputer lokal, sekaligus menampilkan informasi tentang proses program / software apa saja yang ikut atau mencoba mengakses internet yang membuka port, termasuk nama proses , path lengkap proses, informasi versi proses (nama produk, deskripsi berkas, dan sebagainya), waktu proses, nama pembuat proses, nama Negara pembuat, yang yang terpenting bagaimana menutup koneksi TCP yang tidak diinginkan….

Well… pertanyaan diatas ternyata sudah dapat dilakukan dengan menggunakan TCPEye, sebuah tool kecil (1.38 MB) tapi tentunya sangat berguna dan mempunyai banyak fitur tambahan.

Selain dari kemampuannya untuk menampilkan informasi tentang proses program / software  yang mengakses internet, membuka port, nama proses , path lengkap proses, informasi versi proses (nama produk, deskripsi berkas, dan sebagainya), waktu proses, nama pembuat proses, nama Negara pembuat, menutup koneksi TCP yang tidak diinginkan, TCPEye juga mempunyai fitur untuk mematikan proses yang membuka port, menyimpan TCP / UDP port ke file HTML, XML, atau ke file teks, memberikan tanda dengan warna pink  terhadap TCP / UDP port mencurigakan yang dimiliki oleh aplikasi yang tak dikenal (Aplikasi tanpa informasi versi dan ikon)

Bahkan dilengkapi dengan tool GeoIP yang mampu  melakukan pelacakan geografis untuk menunjukkan lokasi dari alamat IP dengan peta.

Fitur berguna lainnya adalah alarm yang memberitahu Anda setiap kali koneksi TCP yang baru dibentuk, serta antarmuka IP Whois, dengan tool ini kita bisa melakukan upload untuk melakukan pemeriksaan ke situs VirusTotal sehingga anda dapat mengetahui apakah proses yang berjalan tersebut merupakan aplikasi berbahaya.

TCPEye merupakan tool gratis yang sudah kompatibel Windows XP/Vista/7/Server 2003/2008

——– Dengan begitu banyak vitur yang dimilikinya, tentunya tool ini sangat bagus untuk dicoba dan dimanfaatkan.  Tertarik ? boleh download TCPEye  disini. Ok, semoga sedikit review diatas dapat menjadi gambaran dan selebihnya anda bisa utak-atik sendiri…. karena saat tulisan ini dibuat, malam sudah sangat larut, mata saya sudah sangat berat… jadi, teruslah mencoba untuk mengerti dan semoga bermanfaat….

Salam ……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s