In a few words

Surga Kalsel Vs Rahwana

Bagaimana menurut anda kedua gambar disamping ini?? hanya orang buta yang tidak bisa melihat bedanya hijau

Sedikit iklan tentang saya.. saya orang Indonesia yang tinggal di Kalimantan Selatan, sebuah pulau surga yang sangat dimanja oleh Allah SWT. karakteristik wilayahnya terbagi dua gersangoleh Pegunungan Meratus, surga yang kaya akan sumber daya alamnya. Selain hutan dengan potensi kayu dan keanekaragaman hayati yang tinggi, juga mengandung potensi berbagai sumber daya mineral yang cukup besar, seperti minyak bumi dan gas, emas, intan, batubara, uranium, bijih besi, dan lainnya.

Anda coba tanyakan saja pada orang belahan dunia bagian manapun, (asal jangan sama orang gila/buta-tuli atau idiot) pasti tahu dimana itu letaknya south borneo-indonesia, dan bayangan mereka pasti akan mengarah pada hutan atau batubara beserta seluruh kekayaan alamnya.

Cukup perkenalannya… back to earth..

… Memiliki potensi alam yang begitu berlimpah mengundang banyak perusahaan pertambangan skala besar berlomba mengambil kekayaan alam tersebut tidak terkecuali ratusan perusahaan kecil serta individu yang ikut meramaikan.  Sisi baiknya berdampak pada ekonomi daerah yg berkembang , dimana devisa terus saja mengalir dari hasil kekayaan alam dengan tujuan berbagai negara di dunia.  Oleh sebab itu, banyak kalangan yang telah mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan hidup mereka secara meteriil setelah memperoleh porsi dari mengelola kekayaan alam tersebut.

Tak heran bila dalam suatu wilayah yang tadinya termasuk relatif miskin berubah menjadi kawasan yang kaya raya. Tadinya hanya memanggul cangkul  atau  preman sekarang sudah bergaya, memakai mobil mewah Land Cruser, Ford Ranger, BMW, Mercides Bend dan mobil mewah lainnya (maaf). Catatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalsel sekitar 60 persen nilai ekspor non migas asal propinsi tersebut atau sekitar 1,5 miliar Dolar AS per tahun berasal dari ekspor tambang batu bara.     Kaget ??.. jangan berlebihan begitu, biasa aja..

Ibarat uang logam,  ada sisi baik jangan lupa pada sisi buruknya..

Pencemaran lingkungan akibat aktivitas pertambangan, seperti debu, rembesan air asam tambang, dan limbah pencuciannya, terjadi hampir di semua lokasi pertambangan dan bahkan mencemari air/sungai yang dimanfaatkan oleh warga.  Azas “Habis Manis Sepah dibuang” masih  merupakan idola bagi sebagian perusahaan besar/kecil/individu. Sebenarnya “katanya”  sudah ada peraturan tentang hal tersebut, itu saya tidak begitu mengerti tapi yang saya mengerti benar adalah kenyataan bahwa masyarakat sekitar hanya diwarisi lingkungan yang telah rusak..

Maraknya praktek eksploitasi alam kalimantan Selatan oleh industri tambang jika dibiarkan dapat berkembang semakin parah mengingat kemampuan alam untuk keberlangsungan ekosistem..

Pernah anda bayangkan jika kekayaan alam Kalimantan  Selatan terus dihabiskan tanpa jeda serta dibiarkan pencemaran lingkungan terjadi akibat aktivitas pertambangan. Apalagi tambang itu adalah jenis kekayaan alam yang tak bisa diperbarui, bila habis maka habislah kekayaan tersebut tinggal generasi Kalimantan Selatan mendatang hanya bisa gigit jari mendengar cerita tentang pulau surga kakek nenek buyutnya dulu.

jika 10 atau 20 tahun lagi hal itu terjadi, maka ini tanggung jawab siapa??  Para investor/perusahaan asing/besar/kecil akan pergi dari daerah ini dan mencari daerah lain untuk ladang usahanya.. yang tertinggal hanya padang gersang dan lubang lubang danau bekas galian. Mati, death, tidak berguna karena tidak mengandung apa apa lagi.

Tulisan ini tidak bermaksud menyinggung atau menghasut siapapun, (kepada yang tersinggung atau terhasut kelaut aja.. atau bawa pisang dan tinggal dihutan aja) hanya sebagai penduduk asli pulau surga ini, saya ingin mengingatkan pentingnya menjaga ekosistem alam, karena saya tidak mau bercerita tentang kenangan pulau surga yang dirusak oleh Rahwana kepada cucu cicit saya, saya ingin mereka juga dapat menikmatinya seperti saya sekarang. Amin…

Sekian,

Semoga bermanfaat.

2 responses

  1. hahahahahahahaha

    kaka gagah

    Oktober 14, 2009 pukul 12:02 pm

    • ooo.. ini dedek ku yg ganteng itu? .. thanks dah mampir

      Oktober 14, 2009 pukul 2:16 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s