In a few words

Berkenalan dengan Virus

vrs25Heh?…  kenalan dengan virus? amit amit!! … begitu kata tetangga saya yang komputernya baru saja di instal ulang setelah dicium mesra oleh virus sality😀

Ada ungkapan terkenal entah dari siapa, “kenali musuhmu” .. mungkin dapat kita pakai disini, dengan lebih mengengerti tentang virus kita dapat mencegah komputer kita menjadi sarang virus

cukup sudah kata pengantarnya !! ———————————————–

Virus komputer sesuai dengan namanya memiliki persamaan dengan arti harfiah virus biologis, tapi yang menjadi sasaran adalah kesehatan atau kestabilan koputer, karena mempunyai kemampuan untuk melumpuhkan dan menularkan.

Virus merupakan suatu program komputer biasa, yang menjadi perbedaan dengan program program lainnya adalah virus  dapat menginfeksi program lain, mengubah, memanipulasi bahkan merusaknya. virus akan menular apabila program pemicu atau program  yang telah terinfeksi tadi dijalankan.

sebuah program dapat dikatakan sebagai virus apabila :

1.   Mampu menggandakan diri dan menularkan

Virus apabila telah menemukan calon korbannya (baik file atau program)  maka ia akan    mengenalinya dengan memeriksanya, jika belum terinfeksi maka sang virus akan memulai aksinya untuk menulari dengan cara menuliskan byte pengenal pada program/ file tersebut,dan seterusnya mengcopikan/menulis kode objek virus diatas file/program yang diinfeksi.
Beberapa cara yang dilakukan oleh virus untuk menulari/ menggandakan dirinya adalah:

a. File/Program yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya, kemudian    diciptakan suatu file virus menggunakan nama yang sama
b. Program virus yang sudah di eksekusi/load ke memori  akan langsung menulari file-file lain  dengan cara menumpangi seluruh file/program yang ada.

2.   Mampu melakukan manipulasi
Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan  dijalankan setelah virus menulari suatu file/program. isi dari suatu rutin ini dapat  beragam mulai dari yang teringan  sampai  pengrusakan. rutin ini umumnya digunakan  untuk memanipulasi program ataupun mempopulerkan pembuatnya!  Rutin ini memanfaatkan kemampuan dari  suatu  sistem operasi (Operating System), sehingga  memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistem operasi, seperti :

a. Membuat gambar atau pesan pada monitor
b. Mengganti/mengubah ubah label dari tiap file,direktori,atau label dari drive di pc
c. Memanipulasi program/file yang ditulari
d. Merusak program/file
e. Mengacaukan kerja printer
f. Dll…

3. Mampu menyembunyikan diri
Kemampuan Menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh virus agar semua pekerjaan baik dari    awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana.

langkah langkah yang biasa dilakukan adalah:

–  Program asli/virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang   dianggap berguna oleh pemakai.
–  Program virus diletakkan pada Boot Record  atau track yang jarang diperhatikan oleh  komputer itu
–  Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfeksi tidak  berubah ukurannya
–  Virus tidak mengubah keterangan waktu suatu file

4.   Mampu memeriksa suatu program
memeriksa  suatu  program  yang akan ditulari, misalnya ia bertugas menulari program berekstensi *.doc, dia harus memeriksa apakah file dokumen ini telah terinfeksi ataupun belum, karena jika sudah maka dia akan percuma menularinya 2  kali. Ini sangat berguna untuk  meningkatkan kemampuan  suatu virus dalam hal  kecepatan menginfeksi suatu file/program. Yang umum dilakukan oleh virus  adalah memiliki/ memberi   tanda  pada  file/program  yang  telah terinfeksi sehingga  mudah untuk dikenali  oleh  virus tersebut .

5. Mampu mendapatkan informasi
virus memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalam suatu directory, untuk apa? agar dia  dapat mengenali program program apa saja yang akan dia tulari,semisal virus makro yang akan menginfeksi semua file berekstensi *.doc setelah virus itu menemukannya, disinilah kemampuan  mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar/data semua file, terus memilahnya dengan mencari file-file yang bisa ditulari.Biasanya data ini tercipta saat program yang tertular/terinfeksi atau bahkan program virus ini dieksekusi. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya di RAM (biasanya😛 ) , sehingga apabila komputer dimatikan semua data hilang tetapi akan tercipta setiap program bervirus dijalankan dan biasanya dibuat sebagai hidden file oleh virus

Karena semakin pesatnya persaingan virus dengan Antivirus maka kini virus memiliki kemampuan

tambahan antara lain :

6. Kemampuan untuk mengexploitasi suatu kelemahan pada system
7. Kemampuan untuk mempertahankan diri dari aplikasi-aplikasi pembasmi virus.

—————————-   sudah mulai pusing?… ———————————-

Lanjut?? ok, sekarang tentang sasaran serangan virus :

Virus biasanya diprogram untuk melumpuhkan/mengubah/menginfeksi/memanipulasi bahkan merusak :

* Registry
Registry adalah suatu set file data yang dipakai windows untuk mengontrol perangkat keras,

perangkat lunak, lingkungan user dan interface
–  HKEY_CLASSES_ROOT (berisi berbagai setting yg dibutuhkan program aplikasi agar dapat  berjalan)
–  HKEY_CURRENT_USER (berisi berbagai informasi mengenai user yang sedang memakai komputer)
–  HKEY_LOCAL_MACHINE (berisi berbagai setting software, hardware dan windows yang berkaitan  dengan keamanan dan konfigurasi setting untuk semua user)
–  HKEY_USER (berisi setting yang sudah diatur oleh default, seperti icon, startmenu, warna, font, desktop dan pengaturan control panel)
–  HKEY_CURRENT_CONFIG (berisi konfigurasi hardware)

* System configuration utility
merupakan runtime yg memeriksa file/aplikasi apa saja yang dijalankan otomatis ketika windows  startup.

* Autoexec.bat dan win.ini
berisi beberapa konfigurasi yang mengatur OS, virus dapat memanipulasi isi kedua file tersebut, agar otomatis berjalan ketika windows booting

* Task manager
menampilkan aplikasi apa saja yang sedang berjalan baik yang secara background atau tidak. Melalui Task Manager kita bisa menghentikan “secara paksa” program yang tidak kita inginkan.

* Media penyebaran
1. Disket, media storage R/W
2. Jaringan ( LAN, WAN,dsb)
3. internet
4. Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan
5. Attachment pada Email, transferring file

—————————— Belum pusing juga ?? ——————————-

JENIS – JENIS VIRUS

1.Virus Makro
Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik.

2.Virus Boot Sector
Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar.Virus ini dalam menggandakan dirinya akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan di load kememori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (monitor, printer dsb)  dan dari memori ini pula virus akan menyebar eseluruh drive yang ada dan terhubung kekomputer termasuk disket atau Flasdisk

3.Stealth Virus
Virus ini akan menguasai tabel tabel interupt pada DOS yang sering kita kenal dengan “Interrupt interceptor”  .   virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi instruksi level DOS dan  biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya .

4.Polymorphic Virus
Virus ini Dirancang buat mengecoh  program antivirus,artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.

5.Virus File/Program
Virus ini menginfeksi file file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file application (*.EXE), maupun *.COm biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.

6.Multi Partition Virus

Virus ini merupakan gabungan dariVirus Boot sector dan Virus file: artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file file *.EXE dan juga menginfeksi Boot Sector.

——————— cukup segitu nanti muntah !! ———————

Semoga perkenalan dengan Virus ini dapat memberikan manfaat, apabila banyak kekurangan pada tulisan ini harap dimaklumi..

One response

  1. Ping-balik: Virus Sality « Zank is Me..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s