In a few words

Memperbaiki File Scrap

Pernah terkena masalah file scrap ini? file tersebut terpampang di desktop, terkadang tidak bisa dibuka dan dihapus.. hal ini tentu saja membuat sedikit bingung.

Biasanya file Scrap tersebut terjadi karena anda secara tidak sengaja mencopy isi text pada aplikasi word, kemudian di-paste ke desktop.. yap, langsung di desktop  !! .. hehehe.. mungkin tidak sengaja karena terlalu serius atau anda memang sedang blank… (atau karena memang anda kurang kerjaan?? 8O ), sehingga File yang awalnya berextention DOC berubah jadi extantion.SHS (Shell Scrap Object File) kemudian berubah jadi SCRAP.

Cara sederhana untuk membuka file scarp tersebut, buka terlebih dahulu aplikasi Wordpad (Start –> All Program –> Accessories –> Wordpad) kemudian drag / seret file scrap tersebut kedalam aplikasi WordPad… jika telah muncul kembali isi dokumen, anda tinggal menyimpan / save file tersebut.. Selesai.

Kemudian untuk melenyapkan file scrap yang tidak bisa dihapus adalah dengan menggunakan tools unlocker (ambil disini)

Unlocker adalah sebuah tool freeware yang dapat membantu Anda mengatasi beberapa kerusakan file dalam sistem operasi windows (xp dan vista) ketika Anda mencoba menghapus, memindahkan atau mengganti nama file atau folder atau subfolder kemudian menerima sebuah kotak pesan kesalahan seperti:

  • “Cannot delete (filename): It is being used by another person or program”,
  • “Cannot delete file: Disk is not full or write-protected and that the file is not currently in use”
  • “close any programs that might be using the file and try again.”
  • atau beberapa pesan lain yang menerangkan bahwa file sedang dipergunakan oleh sistem…

Untuk menggunakan tool ini, hanya cukup klik kanan file atau folder dan pilih Unlocker lalu sebuah box konfirmasi akan muncul memberikan pilihan : No action, Delete, Rename dan Move … nah, pilihan ada ditangan anda. jika ingin menghapus file scrap seperti diatas tentu saja anda harus meng-klik pilihan ‘Delete’ .. Hups !! .. and U’re Done..

Simple saja bukan? … ok, mungkin saya sudah terlalu bertele-tele, selamat mencoba dan lain kali lebih berhati-hati dalam melakukan copy-paste.. Semoga bermanfaat.

S a l a m …

34 responses

  1. risab

    mantap bos………”
    uda gw cari’ kemana2, ahirx ketemu jg…. ^_^

    gw sebel bgt tu bos ama file scrap yg uda lama nongkrong di desktop gw… berkat bantuan bos & assistant baru gw (unlocker) masalah gw bisa teratasi dengan muda….

    thx bgt bos…. ^_^

    Desember 6, 2009 pukul 5:40 pm

  2. risab

    oh ia bos…”

    sedikit tambahan dari gw..
    tolong bos jg jelasin cara ngaktivin unlocker yg ada di dalam winRAR yg ud selsei qt download.
    cos mungkin temen2 ada yg sedikit lom paham cara ngaktivinx…

    Desember 6, 2009 pukul 5:58 pm

  3. @Risab, File Unlocker yang saya sertakan diatas adalah versi portable sehingga tidak perlu diinstal di komputer dan bisa langsung dijalankan lewat Flashdisk agar bisa dibawa bawa… untuk versi instal bisa dicari di google.

    Terimakasih kembali sudah mampir dan coment, sering sering mampir disini, Ok?

    Desember 7, 2009 pukul 2:13 am

  4. makzih boz,,akhirnya gue bisa ngapus file scrab. itu file bikin koto-kotorin komputer za. sekali lagi thanks ya boz,,

    April 9, 2010 pukul 2:39 pm

  5. eman

    Mr Zank yg baik

    masalah saya lain lagi , file saya dulu mirip dengan yg diterangkan diatas dengan gambar SAMA, dengan tulisan “Scrap”

    Namun file yg sama telah saya pindah dari lap top lama ke baru , namun gambar jadi mirip asli nya cuma lebih kecil , tertulis, misal nya File penting , shs

    saya sdh coba cara diatas tapi tidak menpan…gimana ?

    Juni 5, 2010 pukul 3:20 am

  6. eman

    LANJUTAN……….

    oh ya ..file tsb dibuat dalam ppt 2003/ XP

    Juni 5, 2010 pukul 3:30 am

    • untuk memperbaiki file scrap powerpoint (ppt) coba anda buka dulu aplikasi powerpoint, dari menu bar klik INSERT, lalu pilih SLIDES FROM FILE. browse file ‘scrap’ slide anda yang rusak tersebut. untuk melihatnya anda harus ganti kolom pilihan FILE OF TYPE menjadi All Files (*.*) sehingga dapat menampilkan type .shs tersebut. klik open dan pilih INSERT ALL….. setelah selesai save sebagai file baru.

      Semoga membantu…

      Juni 7, 2010 pukul 3:19 am

  7. jati

    wusshh
    good posting

    Oktober 8, 2010 pukul 3:51 pm

  8. luy

    mas kan dah dibuka file scrapnya..pi yang mcul mlah kya file gmbar smcam jpg…
    itu gmna mas?/?p file sya udah rusk??klo rusak mhon saya dberi tahu cara memperbaikinya…
    mkasih

    Oktober 10, 2010 pukul 11:45 am

    • Luv, pada dasarnya untuk memperbaiki file scrap coba buka dulu file tersebut sesuai dengan ekstensi file awalnya, seperti contoh pada pertanyaan eman diatas.

      Oktober 11, 2010 pukul 5:56 am

  9. van

    mas, mo nanya neh. ada temen ngetik di MS. Word 2003 kalo G salah. nah terus entah mengapa extensi nya rubah jadi shs. ketika dibuka, si Ms. Word nya ada pertanyaan encoding gitu, dicoba pake salah satu encoding, malah yang keluar teksnya kotak-kotak.

    mengingat isi dari file itu penting pengennya dikembaliin jadi extensi doc lagi biar bisa dibuka plus edit plus print.

    mohon pencerahannya mass……..

    November 6, 2010 pukul 10:19 am

    • waduh van, baca artikel di atas dulu, ok?

      November 8, 2010 pukul 1:59 pm

  10. Maksih mas atas artikelnya memang sangat mebantu. Hebat dan Sukses.

    November 13, 2010 pukul 3:10 am

  11. thank you so much brader :)

    November 27, 2010 pukul 8:31 am

  12. Y@2t

    Mau nanya nich, sebelumnya aq bikin file dlm bentuk xls di PC kantor, trus aq copy filenya ke dalam flashdisk, tp ternyata sewaktu dibuka di PC di rumah filenya berubah jd scrap (shs), pertama kali msh bisa dibuka, trus ngga sengaja ketutup lg filenya n pas mau dibuka u/ kedua kalinya file tsb tidak bs dibuka lg,,,kira2 gmn cara membukanya kembali ya?

    Desember 23, 2010 pukul 4:52 am

    • Y@2t,
      pada dasarnya untuk memperbaiki file scrap coba buka dulu file tersebut sesuai dengan ekstensi file awalnya… jadi untuk xls kira kira seperti ini :

      Buka exel, klik insert-. pilih object, klik tab create from file, browse file scrap klik insert lalu OK… klik 2 kali object tersebut, tekan Ok.. akan muncul security warning, pilih open, jika berhasil save file tersebut.

      catatan : sebaiknya backup dulu file scrap tersebut sehingga jika terjadi kesalahan ketika Anda mencoba membukanya dengan berbagai cara, header dapat terputus dan file menjadi tidak berguna

      semoga berhasil…

      Desember 27, 2010 pukul 12:23 am

  13. Abang Burhanudin

    Maksih mas atas artikelnya memang sangat mebantu. Hebat dan Sukses.

    Maret 2, 2011 pukul 7:59 am

  14. wahhhh, ternyata info ini sangat-sangat membantu karena dengan ini saya akhirnya dapat menghapus file scrapnya dan menyimpannya kembali seperti asal, trus gimana ya kalo file scrap itu nggak bisa dibuka, ada saran lain nggak ? mohon penjelasannya….thank’s

    Maret 10, 2011 pukul 1:28 am

    • gusti putu, utk utk file scrap yg tidak bisa dibuka, sebagai tambahan coba baca juga komentar lain diatas, ok? :D …. thanks for comment

      Maret 10, 2011 pukul 11:02 pm

  15. dian

    kalo buka file shs gmn caranya y???d windows 2007 aj

    thankyuuu

    Maret 29, 2011 pukul 5:07 am

    • dian, untuk buka file scrap harus tahu dulu ekstensi file awalnya… jadi sebelum mencoba buka dengan excel, word atau powerpoint, copy dulu file shs tersebut sehingga jika terjadi kesalahan masih bisa dicoba dengan ekstensi lain… coba baca juga comment lain diatas. :D

      Maret 31, 2011 pukul 10:17 am

  16. puspa

    saya sudah coba dengan word,exel,atau ppt tp ttp tidak bisa..bagaimana ini??permasalahannya saya jg tdk tahu file awalnya apa..ini file kantor yg alih tugas..

    bagaimana ya?bisa bantu gak?

    Juni 5, 2011 pukul 3:21 pm

    • puspa,
      apakah sebelum dicoba dengan word, excel atau ppt file asalnya dicopy dulu? sebab kalau kita salah menggunakan aplikasi pembukanya kemungkinan file tersebut bisa rusak…

      Juni 6, 2011 pukul 7:56 am

      • kalau file-nya sudah rusak sperti itu, harus diapakan ya?
        soalnya saya hanya punya 1 file tersebut..
        file .shs saya,saya rename jd bntk .rtf tp ternyata masih tidak bisa dibuka…tolong bantu saya ya…

        terima kasih..

        Juni 16, 2011 pukul 9:42 am

  17. sultan

    wah muaaakasihhh mas broo……..

    Oktober 23, 2011 pukul 5:32 pm

  18. Ridayu Kartika

    file scrap saya ada di :D mas dan saya udah coba drag ke wordpad seperti yang mas bilang tapi malah tidak bisa. file scrap itu ada di salah satu folder saya dan isi folder itu hilang semua dan yang tinggal di folder itu hanyalah file scrap. jujur saja saya tidak tau kenapa itu terjadi. dan saya tidak tau harus gimana supaya file-file saya bisa kembali seperti semula. mohon bantuannya mas..
    terima kasih..

    Oktober 25, 2011 pukul 7:55 am

  19. Ridayu Kartika

    file scrap saya ada di D mas dan saya udah coba drag ke wordpad seperti yang mas bilang tapi malah tidak bisa. file scrap itu ada di salah satu folder saya dan isi folder itu hilang semua dan yang tinggal di folder itu hanyalah file scrap. jujur saja saya tidak tau kenapa itu terjadi. dan saya tidak tau harus gimana supaya file-file saya bisa kembali seperti semula. mohon bantuannya mas..
    terima kasih..

    Oktober 25, 2011 pukul 8:00 am

  20. abdul gafur

    mas ngga bisa ajara sesat

    Desember 30, 2011 pukul 7:56 am

  21. trims’s

    Februari 20, 2012 pukul 2:09 am

  22. dex iwan

    mantap gan……

    Mei 15, 2012 pukul 4:12 am

  23. adree_ave

    nuhun gan ……;makin hari ane makin pinter aja nih……wkwkwkwk

    Desember 15, 2012 pukul 12:54 am

  24. Taryono

    Brmanfaat bro

    Februari 13, 2013 pukul 4:43 am

  25. Taryono

    Bermaanfaat bro artikelnya

    Februari 13, 2013 pukul 4:43 am

  26. vander

    OK pren….trims…

    Maret 7, 2013 pukul 1:56 am

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.