In a few words

Smadav dan Virus Lokal ??

sebarPada awalnya sebenarnya saya ingin menuliskan review tentang Antivirus buatan indonesia yang bernama SMADAV ini.. namun ketika menyusun penulisan tentang topik tersebut ternyata ada kesamaan antara antivirus Smadav dengan virus lokal …  aneh? baiknya teruskan dulu membaca..

Agar tidak membuat bingung, baiknya saya perkenalkan dulu  tentang siapa itu smadav dan siapa itu virus lokal yang saya maksud disini.  (bukan iklan, semata mata sekedar ingin berbagi ).

SMADAV adalah antivirus buatan indonesia yang dibuat menggunakan pemrograman Visual Basic.  Adapun viturnya antara lain : mempunyai teknologi SmaRTP, SmaRT-Protection

  • Proteksi  ringan, cepat dan sedikit memakai resource komputer.
  • tidak hanya bergantung pada banyaknya database/signature, tapi juga bisa memproteksi komputer dari virus baru.
  • deteksi otomatis flashdisk seketika setelah dicolok di komputer.
  • deteksi otomatis ketika ada virus saat Anda sedang meng-explore folder
  • dapat digabungkan sempurna dengan proteksi semua produk antivirus manapun.
  • mendukung semua OS Windows XP & Vista

smadav proJika anda berminat anda boleh download SMADAV7.1 Pro disini,  setelah download lalu ekstrak dengan menggunakan password : zankisme Mengapa saya berikan versi Pro? karena Smadav versi Free tidak mempunyai fitur update otomatis sedangkan dengan Smadav Pro, Anda tidak perlu lagi memikirkan update karena Smadav yang ada di komputer Anda akan otomatis terupdate apabila anda terhubung internet.

———- Cukup perkenalannya? …. Baik, sekarang bintang tamu yang satu lagi :

VIRUS LOKAL adalah virus virus buatan indonesia yang pada umumnya ‘juga’ dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.  Memang tidak semua virus lokal memakai bahasa progra visual basic tetapi kebanyakan pembuat virus tidak mau repot berkutat dengan bahasa pemrograman yang lebih rumit seperti Delphi, C/C++ atau Assemby.  Salah satu contoh program pembuat virus ini adalah VB+ViMaker32 (Visual Basic Virus Maker). vbvimakerSoftware ini dapat melakukan simulasi serangan program jahat (malware) dan menguji ketahanan sistem terhadap suatu serangan.  Walaupun software ini bertajuk ‘Virus Maker’, bukan berarti software ini hanya dapat membuat program jahat (malware) melainkan juga dapat digunakan untuk melawan program jahat (malware) lainnya, tetapi kadangkala dapat disalahgunakan oleh pembuat virus.  Anda tertarik mendownload program ini atau anda tertarik untuk mendownload hasil virusnya saja? hehehe.. :D cari sendiri saja, ok?

Persamaan kedua rival tersebut diatas, adalah antara virus dan antivirusnya sama sama menggunakan pemrograman visual basic yang hanya akan dapat berjalan bila  didalam sistem anda terdapat file runtime milik Visual Basic yaitu: msvbvm60.dll yang sebenarnya memang selalu ada di sistem Windows 2000, XP, dan Vista.

Apaan tuh msvbvm60.dll?

msvbvm60.dll adalah sebuah file data link library yang terletak di direktori C:\Windows\System32 yang dibutuhkan aplikasi basis Visual Basic agar dapat berjalan.

Kalau seandainya msvbvm60.dll ini dihapus, bukankah virus yang dibuat memakai Visual Basic  jadi tidak bisa berjalan dan jika anda menggunakan antivirus Smadav atau antivirus apapun yang berbasis Visual Basic juga tidak akan bisa berjalan. :D bahkan, seluruh program aplikasi berbasis visual basic tidak akan dapat berjalan.

Dari logika sederhana tersebut diatas seringkali saya manfaatkan dalam proses penghapusan virus lokal yang berbasis visual basic dengan menggunakan tools sederhana yaitu KillVB, bisa anda download disini .  Program ini ketika dijalankan akan membunuh semua proses pertahanan virus dari executable yang bergantung pada MSVBVM*. Fungsi program ini adalah untuk menghentikan sementara virus lokal yang menggunakan pemrograman visual basic dari memori sehingga pembersihan secara tuntas bisa dilakukan dengan mudah, selanjutnya lakukan scaning dengan antivirus bersifat portable atau yang bisa berjalan dari CD atau flashdisk dengan fasilitas lock.

Seiring jaman, sepak terjang virus-virus lokal terus berkembang, teknik penghapusan MSVBVM60.DLL ini segera diatasi oleh para pembuat virus dengan melakukan backup atas file msvbvm60.dll pada direktori lain dan akan melakukan otomatis loading jika msvbvm60.dll dihapus. Lalu bagaimana dengan Smadav yang tidak bisa jalan karenamsvbvm60.dll dihapus? gampang … bisa diatasi dengan mendownload file msvbvm60.dll dan meletakkannya satu folder dengan SmadAV.

Akhir kata, semoga dengan sedikit pemahaman ini dapat bermanfaat bagi kita semua, teruslah mencoba mengerti.

Terimakasih, salam …

Blog Signature

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.